80 Penyelam Profesional Adopsi 7.700 Terumbu Karang di Pasir Putih Situbondo

80 Penyelam Profesional Adopsi 7.700 Terumbu Karang di Pasir Putih Situbondo

Memo, Surabaya
Sebanyak 80 penyelam profesional yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur menggelar Adopsi 7.700 Terumbu Karang, di Pantai Pasir Putih, Situbondo, Sabtu (12/11/2022).

Upaya mendorong konservasi laut ini digelar memperingati Hari Jadi ke-77 Provinsi Jatim dan Hari Ulang Tahun ke-50 Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair). Didik Prasetiyono Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), turut dalam penyelaman tersebut.

Bacaan Lainnya

Revi Adiana Silawati Ketua Pelaksana Adopsi 7.700 Terumbu Karang menjelaskan, ini salah satu upaya untuk memperbaiki terumbu karang yang rusak di Pantai Pasir Putih, Situbondo.

Pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim, didukung stakeholder lainnya.

“Penyelenggaraan adopsi terumbu karang merupakan upaya untuk menjaga kelestarian ekosistem laut dan sebagai bentuk merayakan kegiatan Hari Jatim ke-77 Provinsi Jatim dan HUT ke-50 IKA Unair. Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Pak Adhi Karyono, tadi hadir membuka acara dan ikut langsung meninjau ke laut mewakili Ibu Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, acara pembukaan kegiatan berlangsung meriah,” katanya.

Revi mengatakan, POSSI memilih langkah adopsi terumbu karang karena jika hanya menanam tanpa merawat, maka dalam kurun waktu 1-2 bulan terumbu karang tidak akan tumbuh.

“Makanya pada Desember nanti, kita akan melakukan perawatan. Jika ada komunitas ingin melakukan perawatan terumbu karang, kami akan senang hati menerimanya,” tandasnya.

Sementara itu, Luluk Latifah Kurnia Dewi Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT SIER mengatakan, pihaknya turut mendukung langkah ini. Dukungan SIER diserahkan langsung secara simbolis Didik Prasetiyono Dirut PT SIER kepada Mirza Muttaqien Ketua Umum POSSI Jatim.

Luluk mengatakan, dukungan ini dianggap selaras dengan visi dan misi yang dipegang teguh PT SIER, yakni menjadi kawasan industri modern yang terintegrasi dan ramah lingkungan.

“Kami berharap bantuan yang selaras dengan SDGs (Sustainable Development Goals) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang salah satunya tentang ekosistem laut ini, dapat memperbaiki terumbu karang yang rusak. Ke depannya agar dapat menjadi destinasi wisata snorkling dan diving sehingga bisa menarik wisatawan untuk berdatangan, yang ujungnya akan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” tambahnya

Pos terkait

Post ADS 1