Bupati Jombang Bersama Petani Melaksanakan Panen Raya

oleh -38 views

Jombang, Memo.co.id

Masyarakat Dusun Bungkil Desa Kedungrejo Kec Megaluh melakukan kegiatan panen raya bersama dengan Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab dan Forkompimda , Senin (11/03).

Dalam kegiatan panen raya ini bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab sangat apreasi sekali dengan hasil yang dicapai oleh para petani padi yang sangat baik ini, keberhasilan dalam panen raya ini bisa dicapai para petani disebabkan karena tersedia nya pupuk dengan baik,” kalau pupuk tidak langka dan mudah di dapat maka hasil petani padi ini akan bisa maksimal dan baik” kata Hj Mundjidah Wahab

Lanjutnya, walaupun di akui secara Nasional pupuk bersubsidi di wilayah Jombang kurangi, tapi tidak langka sehingga para petani bisa mendapatkan pupuk dengan mudah, sehingga tidak mempengaruhi hasil panen.

Seperti diketahui beberapa tahun terakhir ini Kab Jombang juga merupakan salah satu lumbung padi jawa timur dan penyangga pangan Nasional karena Kab Jombang setiap panen raya hasil nya selalu baik dan surplus, dan kalau bisa akan ditingkat kan lagi hasil panen nya.ujar nya

Menurut data dari dinas pertanian Kab Jombang per akhir bulan Januari ini, luas lahan pertanian padi seluas 42.294 hektar dan hasil yang dicapai panen raya ini sebanyak 5.8 ton gabah keeing giling per hektar, dengan luasan lahan pertanian itu, maka dihasil kan 208.642 ton gabah kering yang setara dengan 131.966 ton beras. Sedangkan kebutuhan beras di Kab Jombang sebesar 129.510 ton sehingga Kab Jombang surplus beras sebanyak 2.456 ton. (Frd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *