IPM Kota Surabaya Tertinggi di Jawa Timur

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Surabaya pada 2022 sebesar 82,74 yang tertinggi di Provinsi Jawa Timur, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, Selasa (15/11/2022).

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengatakan, meski IPM Surabaya tertinggi di Jatim namun dia menambahkan masih ada persoalan lainnya yang harus segera diselesaikan.

Bacaan Lainnya

“IPM adalah penilaian. Tapi buat saya, sebenarnya masih jauh dan kita harus memperbaiki lebih baik lagi. Karena IPM juga dilihat dari lamanya satu orang ini menempuh jalur pendidikan,” kata Cak Eri sapaan Walkot Surabaya itu, dikutip surabaya.go.id, Minggu (20/11/2022).

Cak Eri menambahkan, terlebih persoalan mengenai di bidang pendidikan, ini harus segera diselesaikan. Misalnya, terdapat pelajar SMA sederajat yang masih terkendala biaya sekolah.

“Bahkan hari ini, adik-adik kita, anak-anak kita yang SMA, masih ada yang tidak bisa ikut ujian karena tidak bisa bayar SPP. SMP juga ada yang belum bisa ambil ijazahnya. Ini yang harus kita kebut (tuntaskan),” ujar dia.

Eri Cahyadi menegaskan, jika persoalan pendidikan ini dapat terselesaikan, maka IPM Surabaya bisa lebih tinggi dari tahun ini. Dengan demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya perlu keterlibatan semua elemen agar dapat terlaksana dengan baik.

“Dan disitulah pemerintah tidak bisa sendiri. Karena ketika semua elemen ini bergerak, maka kita akan tahu kekurangan-kekurangan dan kelemahan kita di mana,” ungkap Cak Eri.

Pos terkait