Kejari Situbondo Panggil Puluhan Kades Tak Tertib Pajak

Situbondo memo- Atas kuasa Khusus penagihan pajak tanah Kas Desa ( TKD), dari Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda), kejaksaan Negeri (Kejari) Situbondo melakukan panggilan terhadap 94 Kepala desa atas tunggakan pajak tanah yang berjumlah Rp 427,9 juta.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Situbondo, Ginanjar Cahya Permana mengatakan, setelah pihaknya menerima surat kuasa khusus untuk penagihan pajak TKD dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kejaksaan Negeri Situbondo, tagih 94 kades yang masih mempunyai tanggungan pajak TKD,
“Dalam hal ini kami sudah diberi kuasa oleh Bapenda untuk menagih tunggakan pajak tanah kepada para kades dan itu kita minta mereka membuat pernyataan akan membayar piutang pajak TKD itu,” kata Ginanjar, Jumat, (17/5/2024).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, proses pemanggilan ini sudah mulai dilakukan bulan Desember 2023 lalu.Namun setelah itu ada kades yang menyelesaikan tunggakan pajak TKD sebesar Rp 165.929.665 (Rp 165,9 juta). “Jadi masih kurang Rp 261,9 juta, ada sebanyak 52 desa yang belum membayar tunggakan itu,” katanya.

Lebih jauh dijelaskannya,pada 6 Mei 2024 pihaknya kembali memanggil kades yang belum memenuhi janjinya untuk menyelesaikan tunggakan pajak TKD. Dari pemanggilan kedua ada tambahan penyelesaian piutang pajak TKD Rp 98,5 juta lebih.( Edo memo)

Pos terkait

Post ADS 1