Ketua DPR Minta Masyarakat Dukung Jurnalisme Sehat dan Berkualitas

MemoSurabaya

Puan Maharani Ketua DPR RI menyoroti pentingnya peran pers di era kemajuan informasi pada Hari Pers Nasional (HPN), yang diperingati setiap tanggal 9 Februari. Ia mengajak masyarakat untuk mendukung jurnalisme sehat dan berkualiatas demi kemajuan pers nasional.

Bacaan Lainnya

“Di tengah banjir bandang informasi, terutama dari media sosial, Pers Nasional harus semakin menguatkan posisinya sebagai clearing house sehingga publik tidak terombang-ambing oleh desas desus dan berita hoax,” kata Puan, Rabu (8/2/2023).

Dengan banyaknya berita-berita hoax yang menyebar sedemikian rupa, insan pers diajak untuk mengedepankan praktik jurnalisme yang sehat. Puan mengingatkan, pers nasional mutlak harus memiliki kualitas dan independensi mengingat pers adalah pilar keempat demokrasi.

“Jurnalisme sehat dan bermutu juga sangat diperlukan menghadapi tahun politik,” ucapnya.

“Publik harus diajak berpikir kritis dan substantif sehingga kehadiran pers nasional memperkuat dan menyehatkan demokrasi,” imbuh Puan.

Dengan tema HPN 2023 ‘Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat’, Puan mengajak masyarakat untuk mendukung eksistensi pers nasional. Menurutnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk mendukung hadirnya pers nasional yang sehat dan berkualitas.

Salah satu contohnya, kata Puan, dengan berlangganan media-media massa yang sudah terbukti memiliki tradisi jurnalisme yang baik.

Pos terkait

Post ADS 1