Optimis target PAD 2023 Sebesar Rp 25 miliar

Optimis target PAD 2023 Sebesar Rp 25 miliar

Situbondo,.Memo
Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Situbondo menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2023 meningkat sekitar Rp25 miliar. Dari capaian PAD Situbondo 2022 sebesar Rp251 miliar naik menjadi Rp276 miliar pada tahun ini.

Kepala Bapenda Situbondo, Edy Wiyono mengatakan, Bapenda harus melakukan terobosan untuk merealisasikan target PAD pada tahun ini Salah satunya memaksimalkan potensi sumber PAD yang sudah ada dan menggali yang baru.

Bacaan Lainnya

“Target pemerintah daerah PAD tahun 2023 harus meningkat. Dalam meningkatkan target PAD 2023, setelah berhasil melampaui target PAD 2022,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa ( 24/ 01/2023)

Dijelaskannya, Bapenda berhasil mencapai target PAD 2022, itu karena melakukan beberapa terobosan. Diantaranya, mempercepat pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) masyarakat. Sebab, pembayaran PBB-P2 merupakan salah satu sumber PAD yang dominan dari sektor pajak.

”Kontribusi pembayaran PBB-P2 untuk meningkatkan PAD Situbondo sangat besar. Sedangkan, sumber PAD lain, yakni pajak retribusi masih jauh dan hanya berkisar 30 persen,” jelasnya.

Bapenda juga akan memaksimalkan sumber pendapatan daerah yakni capaian retribusi pada masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Situbondo.

”Karena, ada OPD di lingkungan Pemkab Situbondo yang menghasilkan PAD. Diantaranya, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan beberapa dinas lain. OPD-OPD kita upayakan bisa lebih meningkatkan pendapatan retribusinya,”jelasnya.

Menurutnya, Bapenda sudah memiliki wacana khusus. Yakni, memberikan reward kepada OPD yang berhasil menaikkan capaian retribusi untuk menambah PAD 2023. Wacana pemberian reward kepada OPD itu akan diusulkan Bapenda kepada Sekda. 

“Harapannya, kita bisa bersama-sama meningkatkan PAD dan merealisasikan target capaian PAD 2023 seperti harapan bapak Bupati Situbondo,” tutupnya..( edo memo)

Pos terkait