Program Renovasi 2.000 Warung Rakyat oleh Bupati Sidoarjo: Meningkatkan Ekonomi dan Kualitas Usaha

Program Renovasi 2.000 Warung Rakyat oleh Bupati Sidoarjo: Meningkatkan Ekonomi dan Kualitas Usaha

MEMO,Sidoarjo:  Pemerintah Kabupaten Sidoarjo di bawah kepemimpinan Bupati Ahmad Muhdlor Ali telah meluncurkan ambisius Program Renovasi Warung Rakyat.

Dengan target renovasi 2.000 warung hingga tahun 2026, inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki infrastruktur, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan usaha kecil menengah (UMKM) di daerah ini.

Bacaan Lainnya

Sejak dimulai pada tahun 2021, program ini telah mencapai tonggak signifikan dengan renovasi lebih dari 400 warung, menciptakan dampak positif pada pemilik usaha dan konsumen setempat.

Inisiatif Bupati Ahmad Muhdlor Ali: Renovasi Warung Rakyat sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali memiliki target untuk menyelesaikan renovasi 2.000 warung kelontong (warung rakyat).

Program ini dimulai pada tahun 2021 dan dijadwalkan berakhir pada tahun 2026. Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah berhasil merenovasi 422 warung.

Dampak Renovasi: Pengalaman Pemilik Warung dan Harapan untuk Masa Depan

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menekankan bahwa salah satu pilar ekonomi daerah adalah pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UMKM). Dia menyatakan, “Warga Sidoarjo memiliki semangat kerja tinggi, kreativitas, dan ketekunan. UMKM berkembang di berbagai tempat, termasuk ribuan warung kelontong. Kami menyusun program untuk mendukung kelangsungan usaha ini, mulai dari subsidi bunga untuk modal usaha melalui kurda, hibah modal usaha untuk kelompok perempuan, hingga renovasi 2.000 warung rakyat.”

Setiap tahun, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, merenovasi minimal 400 warung. Kebijakan pemerintah daerah yang mendukung usaha warung rakyat ini telah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2021-2026, melalui Program Warung Rakyat Direnovasi.

“Program Warung Rakyat Direnovasi bertujuan untuk meningkatkan kelayakan bangunan warung agar menjadi lebih bersih, sehat, dan indah,” ungkapnya.

Dengan langkah-langkah tersebut, ia berharap konsumen dapat merasakan kenyamanan saat berkunjung ke warung, sehingga mereka kembali lagi untuk menikmati produk dan layanan dengan baik. “Hal ini diharapkan akan meningkatkan pendapatan bagi pemilik warung,” tambahnya.

Pos terkait

Post ADS 1