Ratusan Kepala Desa Bombardir Parlemen Jakarta Tuntut Masa Jabatan Diperpanjang

Ratusan Kepala Desa Bombardir Parlemen Jakarta Tuntut Masa Jabatan Diperpanjang

Situbondo, Memo
Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) menggelar aksi di depan gedung DPR RI.  Mereka meminta pemerintah merevisi Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 pasal 39 tentang Desa. meminta jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Adapun pasal 39 tersebut berbunyi Kepala Desa memegang jabatan selama 6 tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Kepala Desa bisa menjabat paling banyak tiga kali berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

Bacaan Lainnya

Dari sejumlah keterangan Berbagai sumber yang diterima media ini,bahwa pada hari ini Selasa (17/1/2023), ratusan kades dari berbagai penjuru nusantara berkumpul di depan gedung DPR RI jakarta.

Aksi mereka membawa sejumlah atribut, di antaranya spanduk dan bendera Indonesia,”Meminta pemerintah agar UU Desa ini direvisi kembali, jadi jabatan kepala desa 6 tahun menjadi 9 tahun,” kata beberapa Kepala desa asal Situbondo.

Mereka mengatakan alasan meminta jabatan kepala desa menjadi 9 tahun adalah adanya persaingan politik. Menurut mereka jika jabatan kepala desa 9 tahun, persaingan politik akan dirasa telah berkurang.

“Harapan kami, dengan kerja sama ini, bisa lakukan konsultasi dan kerja sama. Desa ini harus dibangun dengan kerja sama,” ungkap sejumlah kades Di Situbondo.

Sementara pernyataan salah satu kepala desa Tokelan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo  Misyuri mengatakan, jika pemerintah tidak mewujudkan tuntutan para kepala desa se Indonesia, maka seluruh kades akan kembali menggelar aksi di depan gedung DPR RI di jakarta .

Aksi Seluruh kepala desa Se Indonesia  menintut UU Desa ini cepat direvisi kembali. Harapan dengan meminta 9 tahun jabatan kepala desa. (Edo memo)

Pos terkait