Stabilitas Angka Pangsa Pasar Tak Sebanding Dengan Peternak Ayam Potong Di Situbondo

oleh -19 views
Stabilitas Angka Pangsa Pasar Tak Sebanding Dengan Peternak Ayam Potong Di Situbondo

Situbondo, Memo
Tingginya permintaan pasar itu tak sebanding dengan jumlah peternak ayam potong di Situbondo. Setiap harinya peternak Situbondo belum stabil, bahkan hanya mampu memproduksi 5 ribu 119 kilo gram atau 5 ton 119 kilogram. Saat ini kebutuhan daging ayam di Situbondo masih di topang pasokan dari luar daerah.

“Kumlah peternak ayam potong di Situbondo masih sangat kecil, tak sebanding dengan kebutuhan daging ayam di pasaran. Setiap harinya, konsumsi daging ayam potong di Situbondo mencapai 13 ribu 768 kilogram atau 13 ton 768 kilogram,” ucap Yanti salah satu peternak ayam di desa Mangaran Kecamatan Mangaran Situbondo, jumat (8/11/201).

Terpisah, Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Situbondo, Muhammad Hasanudin Riwansia, kebutuhan ayam daging di Situbondo memang cukup besar. Bahkan untuk hari-hari besar, kebutuhan bisa meningkat empat hingga enam kali lipat dari kebutuhan reguler perhari.

Pria yang akrab di panggil Udin itu menambahkan, saat ini jumlah peternak ayam potong baru berjumlah 56 orang, terdiri dari 18 orang peternak mandiri dan 38 peternak ayam potong hasil kerjasama kemitraan dengan perusahaan. Selain itu, di Situbondo ada 122 pengusaha jagal ayam, yang selama menggantungkan pasokan ayam potong asal luar kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *