Uji Coba Pelabuhan Jangkar Situbondo Diperluas Jalur ke NTB

Uji Coba Pelabuhan Jangkar Situbondo Diperluas Jalur ke NTB

Situbondo, Memo
Komisaris Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) Ali Maskur Musa menyebut pengembangan akses pelayaran dari Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Indonesia bagian timur bisa menjadi basis ekonomi baru.
 
Ada beberapa pertimbangan terhdaap suplai barang yang akan menjadi basis ekonomi baru untuk pengiriman logistik.

”Masih dalam pertimbangan, yakni pertama mengenai terhadap suplai barang dan ketersedian barang di Situbondo dan sekitarnya. Ini juga menjadi basis ekonomi baru dalam hal pengiriman logistik,” ujar Ali Maskur Musa, Senin (23/1/2023) kemarin.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, diissi lain  pengiriman logistik dari Pelabuhan Jangkar menuju Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga lebih cepat dan lebih  efisien waktu bisa tiga hingga empat jam dibandingkan lewat Banyuwangi.

^Pelabuhan Jangkar selama ini melayani angkutan laut dari Situbondo ke Sumenep, saya rasa sudah tidak ada halangan,^ ujarnya.

Dia melakukan survei ke Pelabuhan Jangkar karena melihat frekuensi perdagangan dari Situbondo dan melihat jalur darat Situbondo- Banyuwangi.

“Yang perlu dipikirkan sebenarnya bagaimana memotong jalur perjalanan darat menjadi lewat laut  melalui Pelabuhan Jangkar ini,”papar Ali Maskur.

Smeentara Bupati Situbondo Karna Suwandi memaparkan, perluasan penyeberangan sudah mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan. Bahkan beberapa waktu lalu telah dilaksanakan uji coba pelayaran dari Pelabuhan Jangkar-Lembar NTB dan sebaliknya.

“Beberapa waktu lalu juga sudah uji coba Jangkar- Lembar, Alhamdul gak ada masalah,”kata Karna Suwandi.( edo memo)

Pos terkait